Ponpes Ainurrafiq Bersilaturrahim ke Pendidikan Kimia

posted in: Uncategorized | 0

dekan

Selasa (19/05/2015) Fakultas MIPA, Universitas Islam Indonesia menerima kunjungan dari Ponpes Ainurrafiq, Kuningan, Jawa Barat. Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Dekan FMIPA, Drs. Allwar, M.Sc., Ph.D. dan melibatkan Prodi Pendidikan Kimia sebagai tim penerima kunjungan. Rombongan dari Ponpes Ainurrafiq berjumlah 110 peserta, 105 orang adalah siswa-siswi kelas XII dan 5 orang selebihnya adalah guru pendamping dan Pimpinan Ponpes Ainurrafiq.

Dalam kesempatan pertama, Dekan FMIPA, Drs. Allwar, M.Sc., Ph.D memberikan sambutan kepada peserta yang hadir. Ia mengungkapkan bahwa Universitas Islam Indonesia merupakan Universitas tertua di Indonesia, dan sekarang sedang berulang tahun yang ke 72. Universitas Islam Indonesia merupakan satu di antara Perguruan Tinggi yang telah terakreditasi “A” oleh BAN PT. Oleh karena itu, merupakan langkah yang tepat jika memilih UII sebagai tempat untuk belajar untuk mencapai masa depan yang lebih baik.

Perwakilan dari Ponpes Ainurrafiq juga menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada civitas akademik Universitas Islam Indonesia, khususnya FMIPA yang telah baik hati menerima silaturrahim dari mereka. Ia juga berharap bahwa salah-satu dari siswa-siswinya dapat melanjutkan kuliah di Universitas Islam Indonesia. Ia yakin bahwa UII merupakan salah satu kampus yang religius, kaya akan wawasan agama Islam dan akan membina mahasiswa-mahasiswinya sehingga menjadi insan yang mempunyai sifat “Ulil Albab”.

filePeserta Kunjungan dari Ponpes Ainurrafiq

Setelah sambutan dari Dekan FMIPA dan perwakilan dari Ponpes Ainurrafiq, acara kembali dilanjutkan oleh pemaparan materi mengenai pengenalan Universitas Islam Indonesia secara menyeluruh. Materi disampaikan oleh Kaprodi Pendidikan Kimia,  Riyanto, Ph.D. yang baru saja terpilih sebagai Juara I Dosen Berprestasi se UII. Ia menyampaikan materi dengan gaya mirip Stand Up Comedy, dapat menyampaikan materi dengan baik, ada pesan moral, dan membuat peserta tertawa lepas terpingkal-pingkal. Riyanto, Ph.D. menyampaikan bahwa salah satu ilmu yang harus dipelajari untuk memajukan suatu bangsa adalah ilmu Sains (Kimia, Fisika, Biologi, Matematika). Gelegak tawa kembali muncul dari peserta ketika ia berkata bahwa, Ilmu-ilmu sains tersebut umumnya bertempat di FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu “Paling Angeel”). Ia kemudian mengakhiri materinya dengan memberikan pesan bahwa kuliahlah di Prodi dan ilmu yang disukai dan sesuai minat dari peserta acara.

Di akhir kegiatan, para peserta dan tim dari Pendidikan Kimia melakukan kunjungan ke laboratorium terpadu UII dan Pusat Studi Minyak Atsiri Kimia, FMIPA UII.

pesertaPeserta, Guru, dan Dosen Pendidikan Kimia

Leave a Reply