Alhamdulillah, Pendidikan Kimia UII Raih Akreditasi B

posted in: Uncategorized | 0

Yogyakarta (12/06/17), Prodi Pendidikan Kimia Universitas Islam Indonesia (UII) merupakan program studi baru di lingkungan kampus UII yang berdiri pada tanggal 1 Juli 2014 dan mendapatkan izin berdiri dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Surat Keputusan Nomor 190/E/2014. Meskipun baru beroperasi di tahun ketiga ini, Prodi Pendidikan Kimia memiliki komitmen untuk menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas. Pasalnya, pada tahun 2016 lalu, Pendidikan Kimia telah mengajukan re-akreditasi guna mendapatkan akreditasi yang lebih baik. Alhamdulillah, pada bulan September 2016 telah divisitasi dan pada tahun 2017 bertepatan dengan bulan suci Ramadhan Prodi Pendidikan Kimia UII dinyatakan sebagai salah satu prodi yang memiliki kapabilitas yang baik dengan mencapai akreditasi B berdasarkan surat keputusan nomor 1491/SK/BAN-PT/Ak-SURV/S/V/2017.

AKREDITASI PENDIDIKAN KIMIA UII

“Pendidikan kimia sudah selayaknya mendapatkan akreditasi B. Selain dikarenakan fasilitasnya, baik sarana maupun prasarana yang mendukung, juga jumlah peminat dari prodi ini setiap tahunnya mengalami peningkatan. Disamping itu, prestasi mahasiswa juga tidak kalah bersaing dengan mahasiswa dari prodi yang lain”. kata Prof. Riyanto, Ph.D., Kaprodi Pendidikan Kimia.

“Syukur Alhamdulillah Prodi kami bisa mendapatkan akreditasi B meskipun baru berdiri dan ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan dan kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak baik dosen, karyawan maupun mahasiswa dan pihak dekanat FMIPA yang telah membantu dan berjuang keras dalam pencapaian ini”. ungkap Krisna Merdekawati, M.Pd. selaku sekretaris prodi pendidikan kimia.

Prestasi ini, tegas Riyanto, merupakan prestasi yang membanggakan bagi seluruh civitas akademika UII terutama prodi pendidikan kimia, walaupun belum menghasilkan lulusan, akan tetapi prodi ini mampu menjadi prodi yang berkualitas dengan bukti hasil akreditasi tersebut.

Sambut suka cita dan rasa syukur tidak hanya terungkap oleh para dosen dan karyawan saja akan tetapi mahasiswa Pendidikan Kimia juga sangat senang dan bahagia atas keluarnya hasil akreditasi tersebut.

“Kami sebagai mahasiswa Pendidikan Kimia sangat bangga karena prodi kami telah terkareditasi B, harapannya prestasi ini dapat dipertahankan ditingkatkan untuk kedepannya supaya akreditasinya menjadi A”. ungkap Desi Retnosari, mahasiswa Pendidikan Kimia angkatan 2014 yang pernah praktik mengajar di Thailand.

Dengan prestasi ini, semoga tidak membuat puas dan bangga akan tetapi dapat dijadikan motivasi dan lebih semangat dalam menciptakan lulusan yang berkualitas yang bermafaat bagi sesamanya sesuai dengan visi dan misi UII yang menjadikan rahmat bagi alam semesta dalam rangka membentuk cendekiawan muslim dan pemimpin bangsa yang bertakwa, berakhlak mulia, berilmu amaliah dan beramal ilmiah, yang memiliki keunggulan dalam keislaman, keilmuan, kepemimpinan, keahlian, kemandirian dan profesionalisme. (mhm)

Leave a Reply