Kuliah Tamu Pembinaan Karir Mahasiswa “Jangan Takut Menatap Masa Depan”

posted in: Uncategorized | 0

Rabu (19/4/2016) Prodi Pendidikan Kimia FMIPA UII telah menyelenggarakan “Kuliah Tamu Pembinaan Karir Mahasiswa” dengan tema “Jangan Takut Menatap Masa Depan”. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa memperoleh tambahan wawasan dan keterampilan yang dapat membantunya sukses dalam meraih masa depan. Pembicara yang hadir dalam kegiatan ini adalah Agus Kamaludin, M.Pd.Si. (Penulis Buku dan Dosen Prodi Pendidikan Kimia UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) dan Joko Susilo, S.Pd. (Guru Kimia di Jogja International School).

Kuliah Tamu 1

Sebagi pembicara pertama, Agus Kamaludin, M.Pd.Si. memaparkan tentang memaksimalkan potensi dan bakat yang diberikan Allah SWT kepada kita. Karena banyak potensi yang bisa dikembangkan namun belum bisa dimaksimalkan. Salah satu caranya dengan mempelajari dan menekuni keterampilan-keterampilan yang menjanjikan secara materi agar bisa menjadi bekal di masa depan. Dalam hal ini beliau berbagi cerita tentang lika-liku menjadi seorang penulis. Beliau mengungkapkan bahwa menjadi seorang penulis adalah profesi yang menjanjikan saat ini. Hal ini karena hasil royalti dari penulisan buku bisa terus mengalir tanpa harus bekerja. Di sela-sela presentasinya beliau menyampaikan tentang cara menulis buku dan mengirimkan naskah ke penerbit buku. Di akhir pemaparannya beliau menyampaiakan beberapa buku yang sudah terbit di salah satu penerbit terbesar di Yogyakarta.

Joko Susilo, S.Pd. sebagai pembicara yang kedua menyampaikan tentang kompetensi yang harus dimiliki dalam menghadapi tantangan global saat ini. Beliau yang merupakan guru kimia di Jogja International School menjelaskan bagiamana menjadi guru yang bisa menginspirasi dan menghebatkan peserta didiknya. Ada dua hal yang harus dimiliki, yaitu menguasai kemampuan bahasa asing (terutama Bahasa Inggris) dan meningkatkan kemampuan penguasaan materi.

Kuliah Tamu

Setelah kedua pembicara memberikan materi presentasi kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Peserta kuliah tamu sangat antusias dan terjadi diskusi yang menarik. Kemudian acara ditutup dengan penyerahan cinderamata oleh Kaprodi Pendidikan Kimia, Riyanto, Ph.D. Beliau menyampaikan bahwa “masa depan adalah milik mereka yang menyiapkan hari ini”. “dan masa depanmu tergantung pada impianmu sendiri”, imbuhnya.

Leave a Reply