Workshop Akhlak Profetik dalam Pembelajaran Kimia

posted in: Uncategorized | 0

Workshop Akhlak Profetik dalam Pembelajaran Kimia

Secara jelas, tujuan Universitas Islam Indonesia (UII) sebagaimana tercantum dalam Statuta UII adalah (a) membentuk cendekiawan muslim dan pemimpin bangsa yang berkualitas, bermanfaat bagi masyarakat, menguasai ilmu keislaman dan mampu menerapkan nilai-nilai Islami serta berdaya saing tinggi; dan (b) mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, sastra, dan seni yang berjiwa Islam; (c) turut serta membangun masyarakat dan negara Republik Indonesia yang adil dan makmur serta mendapat ridla Allah SWT; dan (d) mendalami, mengembangkan, dan menyebarluaskan pemahaman ajaran agama Islam untuk dipahami, dihayati, dan diamalkan oleh warga Universitas dan masyarakat.

Salah satu substansi tujuan tersebut adalah adanya integrasi antara Islam ke dalam semua proses pendidikan di UII.

Prodi Pendidikan Kimia Universitas Islam Indonesia pada Selasa (10/05) telah menyelenggarakan workshop penulisan buku yang bertemakan “Akhlak Profetik dalam Pembelajaran Kimia”. Workshop tersebut diikuti oleh seluruh dosen Pendidikan Kimia UII dengan narasumber dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Dr. Imelda Fajriati, M.Si.

Beliau mengemukakan bahwa akhlak profetik merupakan perilaku dan sifat nabi yang mempunyai ciri sebagai manusia yang tidak hanya ideal secara spiritual-individual, tetapi juga menjadi pelopor perubahan, membimbing masyarakat ke arah perbaikan dan melakukan perjuangan tanpa henti melawan penindasan. Para nabi tidak hanya mengajarkan dzikir dan do’a tetapi mereka juga datang dengan suatu ideologi pembebasan.

Pendekatan Akhlak Profetik Menjadi Penting dalam Pendidikan hal ini dikarenakan pendidikan akhlak merupakan jiwa dalam pendidikan Islam. Pencapaian akhlak sempurna (Akhlaqul Karimah) adalah tujuan pendidikan yang sebenarnya untuk melahirkan generasi penerus yang memiliki akhlaqul karimah. Dengan model pendekatan ini diharapkan seseorang dapat menjadi pribadi yang bersih, disiplin, jujur, bertanggung jawab, cerdas, kreatif, peduli, suka menolong, rendah hati.

 

Setelah dilaksanakn workshop ini, Prodi Pendidikan Kimia UII akan membuat suatu buku yang menggambarkan integrasi Islam dalam pembelajaran kimia. Harapannya dengan penyusunan buku tersebut bisa menjadi bahan ajar untuk mahasiswa pendidikan kimia dan referensi untuk guru kimia.

Program pembuatan buku yang menintegrasikan dan mengkoneksikan antara pembelajaran kimia dengan akhlaq profetik didanai oleh Badan Pengembangan akademik (BPA) UII dalam program Hibah Buku Islam dalam Disiplin Ilmu. (Muhaimin)

Leave a Reply