Pendidikan Kimia Menyelenggarakan Workshop Standarisasi Lab. Microteaching

posted in: Uncategorized | 0

IMG_20150502_084220

 

Sabtu (2/4/2015) Program Studi Pendidikan Kimia, FMIPA, Universitas Islam Indonesia telah menyelenggarakan “Workshop Standarisasi Laboratorium Microteaching”. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui prosedur yang tepat dalam membuat dan mengelola laboratorium microteaching. Pembicara yang hadir dalam kegiatan ini adalah Dr. H. Asep Herry Hernawan, M.Pd. dari UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) dan Rr. Lis Permana Sari, M.Si dari UNY (Universitas Negeri Yogyakarta). Peserta yang hadir di dalam kegiatan ini antara lain Dosen-dosen dari Prodi Kimia, D3 Analis Kimia, Pendidikan Kimia, Pendidikan Agama Islam, dan Pendidikan Bahasa Inggris.

Sebagai pembicara pertama, Dr. H. Asep Herry Hernawan, M.Pd. menjelaskan bahwa “Microteaching adalahSuatu pendekatan pembelajaran di mana segala sesuatunya dikecilkan atau disederhanakan dan dilaksanakan dalam situasi laboratoris yang terencana, terkontrol, dan berkelanjutan untuk membentuk dan mengembangkan keterampilan mengajar guru atau calon guru.”

Dr. H. Asep Herry Hernawan, M.Pd, yang saat ini merupakan assesor Pendidikan di DIKTI juga mengungkapkan bahwa peralatan-perlatan yang dibutuhkan di dalam laboratorium microteahing antara lain adalah: Perangkat komputer, Quad, Pan contro, Mixer audio, Amplifer, TV monitor, VCD player, Speaker, Kamera, Lighting.

P_20150502_110633

Pembicara kedua, Rr. Lis Permana Sari, M.Si., yang saat ini menjabat sebagai Kaprodi Pendidikan Kimia di UNY juga mengungkapkan bahwa “Keterampilan yang dilatihkan pada saat mahasiswa praktik micro teaching di laboratorium adalah: (a) membuka dan menutup pelajaran, (b) menyampaikan materi, (c) melaksanakan interaksi pembelajaran, (d) mempergunakan bahasa komunikasi, penampilan, gerak, dan waktu, serta (e) melaksanakan evaluasi belajar”.

Di akhir workshop, Krisna Merdekawari, M.Pd sebagai dosen Pendidikan Kimia sekaligus inisator dari kegiatan ini berharap bahwa semua ilmu yang telah disampaikan oleh kedua pembicara dapat diambil manfaatnya oleh semua. Ia juga mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat, Prodi Pendidikan Kimia akan membuat laboratorium microteaching yang mempunyai ciri khas kimia. Semoga dapat cepat terealisasi dan dimanfaatkan untuk menunjang proses belajar mengajar di Prodi Pendidikan Kimia.

Materi 1 PEMBELAJARAN MIKRO – Kemenag

Materi 2 LAB MICROTEACHING – asepherry

Materi 3 PENGENALAN DAN STANDAR MICRO TEACHING – asepherry

Materi 4 Rr. Lis Pernama Sari

Leave a Reply