Pendidikan Kimia UII adakan Praktikum Kimia untuk MAN Pakem Yogyakarta

posted in: Uncategorized | 0

Dalam rangka meningkatkan kerja sama antar lembaga, Prodi Pendidikan Kimia UII menyelenggarakan praktikum kimia dasar yang diperuntukkan bagi siswa/siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pakem di Laboratorium Pendidikan Kimia FMIPA UII Yogyakarta. Pelaksanaan praktikum ini diselenggarakan pada hari Sabtu 20 Februari 2016 dengan topik Titrasi dan Reaksi asam-basa dengan jumlah peserta 38 siswa dari kelas IPA 1 dan IPA 2.

Jpeg
Praktikum MAN Pakem

Materi praktikum kimia ini terdiri dari tiga judul percobaan yaitu identifikasi asam basa, titrasi asam basa dan netralisasi air limbah yang bersifat asam. Pada percobaan pertama yaitu identifikasi asam-basa, para siswa diajarkan tentang caranya mengetahui sifat suatu larutan. Bahan-bahan yang digunakan pada percobaan ini relatif sederhana dan mudah diperoleh di lingkungan sekitar. Dalam percobaan ini, para siswa menentukan sifat asam dan basa pada sampel dengan menggunakan kertas lakmus dan indikator universal digunakan untuk menentukan pH sampel tersebut.

Kemudian pada percobaan kedua, titrasi asam basa, para siswa diajarkan tentang cara menentukan konsentrasi dari sampel yang belum diketahui konsentrasinya. Selain memberi pengetahuan tentang bagaimana cara menentukan konsentrasi suatu larutan, pada percobaan ini juga bertujuan melatih para siswa untuk dapat menggunakan alat titrasi.

Pada percobaan ketiga yaitu netralisasi air limbah yang bertujuan agar para siswa dapat menerapkan prinsip netralisasi air limbah dan siswa dapat juga menentukan pH air limbah yang sedang dinetralisasi. Percobaan ini bersifat aplikatif, di mana para siswa diberikan pengetahuan tentang penerapan ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari baik pada skala kecil maupun industri.

Para siswa/siswi sangat senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan praktikum ini, karena mereka dapat memahami dengan jelas sesuai apa yang sudah diterangkan di kelas oleh guru mereka. Salah seorang siswa yang bernama Siti Aisyah mengatakan,“kami menjadi sangat senang dan bersemangat dalam mempelajari kimia, dan ternyata kimia itu ilmu yang menarik, tidak hanya dapat dipelajari di kelas saja, akan tetapi dapat juga dipelajari di laboratorium”,

Dalam kegiatan praktikum ini para siswa/siswi juga didampingi oleh guru kelas dan juga koordinator Laboratorium MAN Pakem, Ibu Budi Hastuti. Kemudian rangkaian kegiatan praktikum tersebut ditutup dengan makan siang bersama.

Leave a Reply