Pendidikan Kimia UII adakan Workshop PKM guna menghadap PIMNAS

posted in: Uncategorized | 0

Pekan ilmiah mahasiswa nasional (PIMNAS) merupakan ajang bergengsi tingkat nasional bagi mahasiswa perguruna tinggi baik negeri maupun swasta. Program ini dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Tinggi (DIKTI) dalam satu tahun sekali yang dikemas dalam Program Kreatifitas Mahasiswa atau dikenal dengan sebutan PKM. Adapun macam-macam kegiatan PKM yang dapat diikuti oleh mahasiswa ada beberapa bidang diantaranya PKM-P (PKM-Penelitian), PKM-K (PKM-Kewirausahaan), PKM-Kc (PKM-Karsa Cipta), PKM-MM (PKM-Pengabdian Masyarakat), PKM-T (PKM-Teknologi), PKM-GT (PKM-Gagasan Tertulis) dan PKM-AI (PKM-Artikel Ilmiah). Kegiatan PIMNAS ini sangat membantu mahasiswa dalam pengembangan akademik yang bersifat ilmiah.

Untuk membekali mahasiswa dalam mengikuti PIMNAS tersebut Prodi Pendidikan Kimia FMIPA UI mengadakan kegiatan yang bertajuk workshop penulisan proposal PKM. Dalam workshop tersebut para peserta tidak hanya diajarkan cara penulisan proposal akan tetapi dibahas tentang tips dan trik dalam menghadapi PIMNAS tersebut. Workshop PKM tersebut menghadirkan Beni Suranto, ST., M.SoftEng dari Direktorat Kemahasiswaan UII dan Hafidha Fatma Sari, mahasiswa UMY Jurusan Keperawatan.

Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB diawali dengan kata sambutan oleh Ketua HMPK, Ahmad Nuril Faruqi yang berpesan kepada seluruh peserta workshop untuk selalu aktif dalam kegiatan akademik atau kegiatan pendukung lainya. “PKM merupakan kegiatan yang dapat menjadikan mahasiswa menjadi lebih kreatif dan inovatif serta PKM merupakan sarana mahasiswa dalam meraih prestasi ditingkat nasional” ungkap Faruqi.

Kegiatan workshop ini terbagi dalam dua sesi, sesi pertama diisi oleh Beni Suranto, ST., M.SoftEng dengan materi tentang penjelasan PKM lima bidang, beberapa prestasi yang diraih oleh mahasiswa UII dan insentif yang diberikan bagi mahasiswa mengikuti PKM. Pada sesi kedua diisi oleh Hafidha Fatma Sari yang merupakan salah satu mahasiswa UMY jurusan keperawatan yang pernah mendapatkan medali pada ajang di PIMNAS (Pekan Ilmiah Nasional) ke 28 di Kendari. Dalam sesi kedua ini hafidha menjelaskan tentang tips dan trik dalam mengadapi PIMNAS. “Setidaknya ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh mahasiswa guna menghadapi PIMNAS diantaranya manajemen waktu, kerjasama tim, ikuti peraturan, konsultasi pembimbing, latihan, menerima kritik dan saran, jaga kesehatan, dan berdoa”, ungkap Hafida.

Setelah kegiatan workshop ini mahasiswa mengumpulkan naskah PKM yang telah dibuat dan kemudian dinilai untuk menentukan juara Proposal PKM. Juara dari Proposal PKM ditentukan berdasarkan pemeringkatan, untuk peringkat pertama, kedua dan ketiga berhak mendapatkan apresiasi dari Prodi Pendidikan Kimia UII berupa uang pembinaan. Naskah yang sudah dikumpulkan kemudian akan dikoreksi dan diperbaiki serta nantinya pada saat pembukaan pengunggahan PKM oleh DIKTI mahasiswa siap untuk mengunggahnya. Harapannya setelah mengikuti workshop ini, para peserta akan lebih giat dalam mengikuti kegatan-kegiatan ilmiah selain seperti PIMNAS. (Mhn)

Leave a Reply