Prodi Pendidikan Kimia UII BerKolaborasi dengan UKM Malaysia

posted in: Uncategorized | 0

Prodi Pendidikan Kimia Fakultas MIPA UII menjalin kerjasama dengan Fakulti Pendidikan UKM Malaysia. Kerja sama ini merupakan Hibah Kompetensi Implementasi Kerjasama (HKIKS) Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh¬†Direktorat Pemasaran, Kerja Sama dan Alumni – UII. Kerjsama sama ini berteme “Collaboration to Improve the Competences of Lecturer, Teacher, and Student”,¬†Collaboration to Improve the Competences of Lecturer, Teacher, and Student merupakan aktivitas implementasi kerjasama dalam bidang pendidikan dan pengabdian masyarakat antara Program Studi Pendidikan Kimia dengan Departement of Methodology and Educational Practice, Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM). Aktivitas yang diusulkan berupa pelatihan dalam bidang pendidikan kimia. Isu utama yang diangkat dalm kegiatan ini adalah pembelajaran Science Technology Engineering Mathematic (STEM) dan 21st century skill dalam pembelajaran kimia. Kedua isu tersebut merupakan tren perkembangan dalam bidang pendidikan kimia.

HKIKS_01

Sasaran aktivitas ini adalah dosen kedua institusi dan mahasiswa pendidikan kimia. Selain itu training juga diikuti oleh guru-guru kimia yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang telah menjalin kerjasama dengan Prodi Pendidikan Kimia, antara lain MGMP Kimia Kabupaten Magelang, Klaten, Kulon Progo, dan Bantul. Keikutsertaan guru-guru kimia sebagai bentuk implementasi kerjasama dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat.
Luaran aktivitas ini adalah adanya peningkatan kompetensi dosen, mahasiswa, dan guru kimia dalam pengajaran kimia. 

Seluruh dosen Prodi Pendidikan Kimia pada tanggal 10 Juli 2017 telah mendapatkan pelatihan penerapan STEM dan 21st century skills di UKM. Pelatihan juga diikuti oleh satu mahasiswa selaku ketua HMPK Pendidikan Kimia. Narasumber pelatihan yaitu Prof. Dr. Kamisah Osman, Ph.D, Prof. Dato Moh. Subahan, Ph.D., dan Linda Samad, M.Ed. Aktivitas tersebut memberikan dampak pada peningkatan wawasan keilmuan dosen dan mahasiswa. Selain itu juga membuka wacana bagi kedua belah pihak untuk mengadakan credit transfer bagi mahasiswa UII di UKM.

HKIKS_06

Tanggal 22 Juli 2017, diadakan Training Collaborative dengan Departement of Methodology and Educational Practice, UKM. Training Collaborative ini diikuti oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia dan guru-guru kimia. Narasumber pelatihan Dr. Lee Tien Tien. Aktivitas training collaborative diikuti oleh mahasiswa Pendidikan Kimia dan guru kimia dari MGMP Kimia Kabupaten Magelang, Klaten, Kulon Progo, Bantul, Gunung Kidul, Sleman, MAN DIY. Jumlah total peserta guru sebanyak 210 guru. Keterlibatan MGMP tersebut sebagai bentuk implementasi kerjasama dari naskah MoU yang telah ditandatangani oleh kedua belah pihak. Topik pelatihan difokuskan pada praktik pendidikan kimia di Malaysia, STEM, 21st century skills, dan media pembelajaran.

Leave a Reply