VISI, MISI DAN TUJUAN

Visi Program Studi Pendidikan Kimia UII

“Pada tahun 2025 Prodi Pendidikan Kimia FMIPA UII menjadi Prodi Pendidikan Kimia Terbaik di Indonesia, mampu menghasilkan lulusan yang kompeten, mampu menerapkan pembelajaran dengan pendekatan kimia aplikatif dan sebagai rahmatan lil’alamin”.

Misi Program Studi Pendidikan Kimia UII

  1. Menjadikan Program Studi Pendidikan Kimia unggul dalam menyelenggaraan pengelolaan pendidikan tinggi kelas dunia di bidang pendidikan kimia dengan menegakkan wahyu Illahi dan sunnah Rasul sebagai sumber kebenaran abadi yang membawa rahmat bagi semesta alam.
  2. Menjadikan Program Studi Pendidikan Kimia unggul dalam menyelenggarakan penelitian sebagai pengembangan IPTEK, menghasilkan karya yang diakui ditingkat nasional dan internasional serta bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.
  3. Menjadikan Program Studi Pendidikan Kimia unggul dalam menyelenggarakan pengabdian masyarakat secara professional untuk mengaktualisasikan hasil-hasil penelitian sehingga terjalin hubungan yang erat dengan masyarakat dan terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  4. Menjadikan Program Studi Pendidikan Kimia unggul dalam menyelenggarakan kerjasama untuk membangun jejaring dalam kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan dakwah islamiyah.

Tujuan Umum Program Sarjana Kependidikan:

  1. Mempercepat tercapainya visi dan misi UII melalui penyelenggaraan pendidikan yang bermutu dan berkualitas tinggi sesuai standar nasional pendidikan dengan cara membangun sistem pengelolaan prodi yang unggul dan bermutu tinggi.
  2. Menghasilkan pelayanan prodi yang bermutu dan berorientasi pada kepuasan pelanggan (customer satisfaction) pada semua stakeholder.
  3. Menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi tinggi dalam bidang pendidikan kimia untuk merespon kebutuhan pasar
  4. Menghasilkan produk-produk penelitian berupa luaran-luaran yang bereputasi internasional meliputi karya ilmiah, buku, paten dan produk-produk terknologi yang dapat diterapkan di bidang pendidikan kimia, sehingga mampu bersaing ditingkat nasional dan internasional.
  5. Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil-hasil penelitian secara profesional dalam rangka ikut memecahkan persoalan global maupun nasional, terutama dalam bidang pendidikan kimia khususnya dan permasalahan bangsa umumnya.
  6. Menghasilkan kegiatan kerjasama yang saling menguntungkan melalui kemitraan dan jejaring pada tingkat nasional dan internasional untuk membangun sistem pendidikan pengelolaan program studi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta dakwah islamiyah yang berstandar global.
  7. Menghasilkan kegiatan dakwah islamiyah yang berkualitas global untuk mempercepat terwujudnya rahmatan lil’alamin.


    Capaian Pembelajaran/Learning Outcomes Program Studi Pendidikan Kimia (KKNI Level 6)

Capaian pembelajaran/Learning outcomes Program Studi Pendidikan Kimia, Strata Sarjana sesuai dengan KKNI Level 6 Lulusan Program Studi Pendidikan Kimia Strata Sarjana wajib menguasai pengetahuan tentang ilmu kimia baik dasar maupun lanjut, meliputi kimia analitik, kimia organik, kimia anorganik, kimia fisika, biokimia, kimia lingkungan, penerapan atau aplikasi kimia dalam kehidupan sehari-hari, industri dan masyarakat serta menguasai pengetahuan tentang dasar-dasar ilmu pendidikan dan keguruan/pedagogik yang meliputi teori dasar pendidikan, kebijakan pendidikan, kurikulum, metodologi, dan penilaian; serta menguasai aplikasi software, teknologi pembelajaran, agar dapat berperan sebagai akademisi dan profesional dalam memecahkan masalah pendidikan kimia melalui pendekatan interdisipliner dan prosedural; atau sebagai pendidik di bidang pendidikan kimia dengan kemampuan sebagai berikut.

  1. Mampu menerapkan kompetensi pedagogik di bidang kimia yang professional dan memiliki keunggulan dalam keislaman.
  2. Mampu merespon dan adaptif terhadap perkembangan dalam bidang kimia, teknologi, perubahan sosial dan lingkungan serta dunia pendidikan kimia.
  3. Mampu berkomunikasi secara global dan berjiwa enterpreuner.
  4. Menghasilkan karya penelitian dalam bidang pendidikan kimia.
  5. Menghasilkan karya inovasi dalam bidang pendidikan kimia yang dapat diterapkan dalam pembelajaran di tingkat perguruan tinggi dan sekolah.
  6. Mampu menjalin kerjasama dalam bidang penelitian dan pendidikan kimia dengan berbagai institusi di dalam dan luar negeri.
  7. Mendiseminasikan hasil penelitian dan pengembangan dalam bidang pendidikan kimia kepada pengguna lulusan.
  8. Bertanggungjawab pada profesi bidang pendidikan kimia secara mandiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja institusi atau organisasi.

DAFTAR DOSEN
Kegiatan pendidikan dan pengajaran di Prodi Pendidikan Kimia dikelola oleh 9 Staf pengajar tetap, 3 tenaga laboran dan teknisi. Tenaga pengajar tetap telah memenuhi kriteria minimum strata 2 (master) dengan rincian sebagai berikut:

  1. Riyanto, Ph.D.
  2. Dr. Is Fatimah, M.Si.
  3. Krisna Merdekawati, M.Pd.
  4. Tatang Shabur Julianto, M.Si
  5. Muhaimin, M.Sc.
  6. Lina Fauzi’ah, M.Sc.
  7. Widinda Normalia Arlianty, M.Pd.
  8. Beta Wulan Febriana, M.Pd.
  9. Artina Diniaty, M.Pd.

Di samping itu, dalam proses belajar mengajar juga dibantu staf dosen Prodi Kimia dan Prodi DIII Analis Kimia FMIPA UII serta dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Badan Tenaga Nuklir (BATAN) Jogjakarta, diantara lain:

1. Drs. Martono, M.Si. 10. Satino, M.Si.
2. Prof. Dr.rer.nat. Agus Taftazani, APU. 11. Bayu Wiyantoko, M.Sc.
3. Drs. Basuki Abdurrahman, M.Si. 12. Drs. Fajar Hidayanto, MM.
4. Dr. Mitrayana, M.Si. 13. Tri Esti Purbaningtyas, M.Si
5. Drs. Sularno, M.Ag. 14. Staff Pengajar Cilacs
6. Edny Wulandari, SH. 15. Puji Kurniawati, S.Pd.Si., M.Sc
7. Thorikul Huda, S.Si., M.Sc. 16. Dr. Satino, M.Si.
8. Yuli Rohyami, M.Sc. 17. Dr. Jaka Nugraha, M.Si
9. Reni Banowati Istiningrum, M.Sc. 18. Kariyam, M.Si.


FASILITAS LABORATORIUM
Untuk mendukung terlaksananya proses belajar mangajar di Prodi Pendidikan Kimia FMIPA-UII memiliki 5 (lima) laboratoirum:

  • Laboratorium Pendidikan Kimia.
  • Laboratoirum Penelitian Kimia.
  • Laboratorium Komputasi Kimia.
  • Laboratorium Instrumentasi Kimia.
  • Laboratorium Microteaching

 

Pusat Studi Minyak Atsiri (Center of Essensial Oil Studies/CEOS)
Pusat Studi Minyak Atsiri di FMIPA digunakan sebagai upaya untuk mengembangkan dan mengimplementasikan hasil-hasil penelitian yang berhubungan dengan pemanfaatan sumber daya alam berbasis lokal genius minyak atsiri seperti nilam, sereh, cengkeh, minyak kayu putih, minyak kayu manis, empon-empon, bunga-bungaan dan lain-lain. CEOS juga mengembangkan teknik-teknik produksi minyak atsiri untuk mendapatkan kualitas minyak atsiri sesuai standar internasional dan mengembangkan produk-produk turunan minyak atsiri sehingga meningkatkan nilai jual minyak atsiri.

STRUKTUR ORGANISASI

Ketua Prodi
Riyanto, Ph.D.

Sekretaris Prodi
Krisna Merdekawati, S.Pd., M.Pd.

Koordinator Kepala Lab.
Reni Banowati, M.Si.

Kepala Laboratorium
1. Lab. Pendidikan Kimia (Bayu Wiyantoko, S.Si., M.Sc.)
2. Lab. Penelitian Kimia (Tatang Shabur Julianto, M.Si.)
3. Lab. Minyak Atsiri (Dwiarso Rubiyanto, M.Si.)

Laboran/Teknisi:
Dwi Mahmudi, BA.
Cecep Sa’bana Rahmatillah, S.Si.
Yusuf Habibi, S.Si.

Staf Prodi:
Istyarto Damarhati, S.Pd.Si.