Visi dan misi program studi telah direview dan direvisi. Evaluasi visi dan misi program studi dilaksanakan sesuai dengan tahapan evaluasi yang meliputi diskusi dan pertemuan pengguna, alumni, Himpunan Kimiawan Indonesia (HKI) dan dosen. Evaluasi ini menghasilkan visi dan misi:

VISI

Pada tahun 2025 Prodi Pendidikan Kimia FMIPA UII menjadi Prodi Pendidikan Kimia terbaik di Indonesia, mampu menghasilkan lulusan yang kompeten, mampu menerapkan pembelajaran dengan pendekatan kimia aplikatif dan sebagai rahmatan lil alamin.

MISI

  1. Menjadikan Program Studi Pendidikan Kimia unggul dalam menyelenggaraan pengelolaan pendidikan tinggi kelas dunia di bidang pendidikan kimia dengan menegakkan wahyu Illahi dan sunnah Rasul sebagai sumber kebenaran abadi yang membawa rahmat bagi semesta alam.
  2. Menjadikan Program Studi Pendidikan Kimia unggul dalam menyelenggarakan penelitian sebagai pengembangan IPTEK, menghasilkan karya yang diakui ditingkat nasional dan internasional serta bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.
  3. Menjadikan Program Studi Pendidikan Kimia unggul dalam menyelenggarakan pengabdian masyarakat secara professional untuk mengaktualisasikan hasil-hasil penelitian sehingga terjalin hubungan yang erat dengan masyarakat dan terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  4. Menjadikan Program Studi Pendidikan Kimia unggul dalam menyelenggarakan kerjasama untuk membangun jejaring dalam kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan dakwah islamiyah.

TUJUAN

  1. Mempercepat tercapainya visi dan misi UII melalui penyelenggaraan pendidikan yang bermutu dan berkualitas tinggi sesuai standar nasional pendidikan dengan cara membangun sistem pengelolaan prodi yang unggul dan bermutu tinggi.
  2. Menghasilkan pelayanan prodi yang bermutu dan berorientasi pada kepuasan pelanggan (customer satisfaction) pada semua stakeholder.
  3. Menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi tinggi dalam bidang pendidikan kimia untuk merespon kebutuhan pasar
  4. Menghasilkan produk-produk penelitian berupa luaran-luaran yang bereputasi internasional meliputi karya ilmiah, buku, paten dan produk-produk terknologi yang dapat diterapkan di bidang pendidikan kimia, sehingga mampu bersaing ditingkat nasional dan internasional.
  5. Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil-hasil penelitian secara profesional dalam rangka ikut memecahkan persoalan global maupun nasional, terutama dalam bidang pendidikan kimia khususnya dan permasalahan bangsa umumnya.
  6. Menghasilkan kegiatan kerjasama yang saling menguntungkan melalui kemitraan dan jejaring pada tingkat nasional dan internasional untuk membangun sistem pendidikan pengelolaan program studi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta dakwah islamiyah yang berstandar global.
  7. Menghasilkan kegiatan dakwah islamiyah yang berkualitas global untuk mempercepat terwujudnya rahmatan lil’alamin.