Kurikulum prodi disusun berdasarkan penggabungan model administrative dan grass root. Pada model administrative, kurikulum telah ditentukan oleh pemerintah, sementara model grass root kurikulum benar-benar dikembangkan oleh prodi. Program Studi Pendidikan Kimia menggabungkan dua model ini sebagai bentuk ketaatan pada legalitas yang berlaku. Namun, prodi tetap memiliki keleluasaan untuk menentukan capaian dan keunikan lulusan. Program Studi Pendidikan Kimia memiliki hak untuk mengembangkan kurikulum sesuai keunggulan yang dimiliki sesuai dengan landasan filosofis, yuridis dan sosiologis.
Kode | Nama Mata Kuliah | Terjemahan Nama Mata Kuliah dalam Bahasa Inggris | Bentuk Pembelajaran | Bobot sks | Prasyarat |
Semester 1 | |||||
UNI-607 | Bahasa Indonesia untuk Komunikasi Ilmiah | Bahasa Indonesia | Kuliah | 2 | |
SPK-101 | Sains Dasar | Basic Sciences | Kuliah dan praktikum | 3 | |
SPK-102 | Matematika | Mathematics | Kuliah | 2 | |
UNI-600 | Pendidikan Agama Islam | Islamic Religion Education | Kuliah | 2 | |
UNI-603 | Pendidikan Pancasila | Pancasila Education | Kuliah | 2 | |
SPK-103 | Ilmu Pendidikan | Science Education | Kuliah | 2 | |
SPK-104 | Kimia Dasar | Basic Chemistry | Kuliah dan praktikum | 3 | |
SPK-105 | Praktikum Aplikasi komputer untuk Kimia | Computer Application for Chemistry Labwork | Praktikum | 2 | |
SPK-106 | Teknik Laboratorium | Laboratory Techniques | Kuliah | 2 | |
Jumlah sks semester 1 | 20 |
Semester 2 | |||||
UNI-601 | Islam Ulil Albab | Islam Ulil Albab | Kuliah | 3 |
|
UNI-604 | Pendidikan Kewarganegaraan | Civics Education | Kuliah | 2 |
|
SPK-207 | Kimia Anorganik | Inorganic Chemistry | Kuliah dan praktikum | 3 | Kimia Dasar minimal D |
SPK-208 | Kimia Analitik | Analytical Chemistry | Kuliah dan praktikum | 4 | Kimia Dasar minimal D |
SPK-209 | Manajemen Pendidikan | Education Management | Kuliah | 2 |
|
SPK-210 | Profesi Kependidikan | Education Profession | Kuliah | 2 |
|
SPK-211 | Psikologi Pendidikan | Educational Psychology | Kuliah | 2 |
|
UNI-606 | Bahasa Inggris | English | Kuliah | 2 |
|
Jumlah sks semester 2 | 20 |
|
Semester 3 | |||||
UNI-602 | Islam Rahmatan Lil Alamin | Islam Rahmatan Lil Alamin | Kuliah | 3 |
|
SPK-312 | Kimia Organik | Organic Chemistry | Kuliah dan praktikum | 3 | Kimia Dasar minimal D |
SPK-313 | Kimia Fisika | Physical Chemistry | Kuliah dan praktikum | 3 | Kimia Dasar minimal D |
SPK-314 | Media Pembelajaran | Instructional Media | Kuliah | 2 |
|
SPK-315 | Strategi Belajar Mengajar | Teaching and Learning Strategies | Kuliah | 2 |
|
SPK-3XX | Mata Kuliah Wajib Peminatan | Concentration Compulsory Course |
| 3 |
|
SPK-3XX | Mata Kuliah Wajib Peminatan | Concentration Compulsory Course |
| 2 |
|
SPK-3XX | Mata Kuliah Pilihan | Elective Course |
| 2 |
|
Jumlah sks semester 3 | 20 |
|
Semester 4 | |||||
SPK-426 | Kimia SMA 1 | Chemistry for High School 1 | Kuliah dan praktikum | 3 |
|
SPK-427 | Perkembangan Peserta Didik | Student Development | Kuliah | 2 |
|
SPK-428 | Telaah Kurikulum Kimia Sekolah | Review of Chemistry Curriculum for School | Kuliah | 3 |
|
UNI-605 | Kewirausahaan Syariah | Sharia Entrepreneurship | Kuliah | 2 |
|
SPK-429 | Asesmen Pembelajaran Kimia | Assessment for Chemistry Learning | Kuliah | 3 |
|
SPK-4XX | Mata Kuliah Wajib Peminatan | Concentration Compulsory Course |
| 3 |
|
SPK-4XX | Mata Kuliah Wajib Peminatan | Concentration Compulsory Course |
| 2 |
|
SPK-4XX | Mata Kuliah Pilihan | Elective Course |
| 2 |
|
Jumlah sks semester 4 | 20 |
|
Semester 5 | |||||
SPK-540 | Perencanaan dan Pengembangan Pembelajaran Kimia | Planning and Developing of Chemistry Learning | Kuliah dan praktikum | 3 |
|
SPK-541 | Kimia SMA 2 | Chemistry for High School 2 | Kuliah dan praktikum | 3 |
|
SPK-542 | Manajemen dan Jaminan Mutu Laboratorium Kimia | Management and Quality Assurance of Chemistry Laboratory | Kuliah | 2 |
|
UNI-609 | Teknik Penulisan Karya Ilmiah | Academic Writing | Kuliah | 2 |
|
SPK-543 | Metodologi Penelitian | Research Methodology | Kuliah | 2 |
|
SPK-5XX | Mata Kuliah Wajib Peminatan | Concentration compulsory course |
| 2 |
|
SPK-5XX | Mata Kuliah Wajib Peminatan | Concentration Compulsory Course |
| 2 |
|
SPK-5XX | Mata Kuliah Pilihan | Elective Course |
| 2 |
|
SPK-5XX | Mata Kuliah Pilihan | Elective Course |
| 2 |
|
Jumlah sks semester 5 | 20 |
|
Semester 6 | |||||
SPK-654 | Kimia dalam Al Qur’an | Chemistry in the Qur’an | Kuliah | 2 |
|
SPK-655 | Kimia Instrumental | Instrumental Chemistry | Kuliah | 2 |
|
SPK-656 | Kimia Hijau | Green Chemistry | Kuliah | 2 |
|
SPK-657 | Kimia Lingkungan | Environmental Chemistry | Kuliah | 2 |
|
SPK-658 | Statistika Penelitian | Statistics for Research | Kuliah | 2 |
|
UNI-608 | Kuliah Kerja Nyata | Community Development Participation | Praktik Lapangan | 2 | Minimal 100 SKS |
SPK-6XX | Mata Kuliah Wajib Peminatan | Concentration Compulsory Course |
| 2 |
|
SPK-6XX | Mata Kuliah Wajib Peminatan | Concentration Compulsory Course |
| 2 |
|
SPK-6XX | Mata Kuliah Pilihan | Elective Course |
| 2 |
|
SPK-6XX | Mata Kuliah Pilihan | Elective Course |
| 2 |
|
Jumlah sks semester 6 | 20 |
|
Semester 7 | |||||
SPK-769 | Pengenalan Lapangan Persekolahan | Field Introduction of School | Praktik lapangan | 4 | Minimal 80 SKS |
SPK-770 | Proposal Tugas Akhir | Final Project Proposal | Seminar | 2 | Minimal 80 SKS |
SPK-771 | Magang | Internship | Magang
| 14 | Minimal 100 SKS |
Jumlah sks semester 7 | 20 |
|
Semester 8 | |||||
SPK-872 | Tugas Akhir | Final project | Tugas akhir | 4 | Proposal TA, minimal 100 SKS |
Jumlah sks semester 8 | 4 |
|
Mata Kuliah Wajib Peminatan: Semester 3 | |||||
Konsentrasi/Peminatan: Pengajaran Kimia (PK) | |||||
SPK-316 | Bahasa Inggris untuk Pengajaran Kimia | English for Chemistry Learning | Kuliah dan praktikum | 3 |
|
SPK-317 | Kapita Selekta Pendidikan | Capita Selecta for Education | Kuliah | 2 |
|
SPK-318 | Proses Industri Kimia | Chemical Process Industry | Kuliah dan praktikum | 3 |
|
SPK-319 | Teknik pengujian laboratorium | Laboratory Testing Techniques | Kuliah | 2 |
|
Konsentrasi/Peminatan: pengelolaan lembaga pendidikan (PL) | |||||
SPK-320 | Kesehatan dan Keselamatan Kerja | Occupational Health and Safety | Kuliah | 2 |
|
SPK-321 | Manajemen Sistem Informasi | Management Information Systems | Kuliah dan praktikum | 3 |
|
Konsentrasi/Peminatan: Pengembangan bahan ajar (PB) | |||||
SPK-322 | Pembuatan Buku Ajar | Making Textbook | Kuliah | 2 |
|
SPK-323 | Prakarya Pendidikan | Educational Craft | Kuliah dan praktikum | 3 |
|
Konsentrasi/Peminatan: Pengembangan usaha/kewirausahaan (PU) | |||||
SPK-324 | Produk-Produk Kosmetik untuk Wirausaha | Cosmetic Products for Entrepreneurs | Kuliah dan praktikum | 3 |
|
SPK-325 | Digital Marketing | Digital Marketing | Kuliah | 2 |
|
Mata Kuliah Wajib Peminatan: Semester 4 | |||||
Konsentrasi/Peminatan: Pengajaran Kimia (PK) | |||||
SPK-430 | Praktikum Kimia Sekolah | Chemistry Practicum for High School | Praktikum | 2 |
|
SPK-431 | Kimia SMK | Chemistry for Vocational High School | Kuliah dan praktikum | 3 |
|
SPK-432 | Biokimia | Biochemistry | Kuliah dan praktikum | 3 |
|
SPK-433 | Teknik Sampling | Sampling Technique | Kuliah | 2 |
|
Konsentrasi/Peminatan: pengelolaan lembaga pendidikan (PL) | |||||
SPK-434 | Kimia Pemisahan dan Pemurnian | Separation and Purification Chemistry | Kuliah | 2 |
|
SPK-435 | Pengolahan Limbah Kimia | Chemical Waste Treatment | Kuliah dan praktikum | 3 |
|
Konsentrasi/Peminatan: Pengembangan bahan ajar (PB) | |||||
SPK-436 | Desain Grafis | Graphic Design | Kuliah | 2 |
|
SPK-437 | Media Berbasis Animasi 1 | Animation Based Media 1 | Kuliah | 3 |
|
Konsentrasi/Peminatan: Pengembangan usaha/kewirausahaan (PU) | |||||
SPK-438 | Bahan Pangan untuk Wirausaha | Food Material for Entrepreneurs | Kuliah dan praktikum | 3 |
|
SPK-439 | Teknologi Air Minum dalam Kemasan | Drinking Water Technology | Kuliah | 2 |
|
Mata Kuliah Wajib Peminatan: Semester 5 | |||||
Konsentrasi/Peminatan: Pengajaran Kimia (PK) | |||||
SPK-544 | Praktikum Asesmen Pembelajaran Kimia | Assessment for Chemistry Learning Labwork | Kuliah | 2 |
|
SPK-545 | Literasi Kimia | Chemistry Literacy | Kuliah | 2 |
|
SPK-546 | Elektrokimia | Electrochemistry | Kuliah | 2 |
|
SPK-547 | Operasi Teknik Kimia | Chemical Engineering Operations | Kuliah | 2 |
|
Konsentrasi/Peminatan: pengelolaan lembaga pendidikan (PL) | |||||
SPK-548 | Kurikulum Pendidikan Non Formal | Curriculum of Non Formal Education | Kuliah | 2 |
|
SPK-549 | Manajemen Pendidikan Non Formal | Education Management for Non Formal Education | Kuliah | 2 |
|
Konsentrasi/Peminatan: Pengembangan bahan ajar (PB) | |||||
SPK-550 | Media Berbasis Video 1 | Video Based Media 1 | Kuliah | 2 |
|
SPK-551 | Media Berbasis Animasi 2 | Animation Based Media 2 | Kuliah | 2 |
|
Konsentrasi/Peminatan: Pengembangan usaha/kewirausahaan (PU) | |||||
SPK-552 | Perancangan Usaha | Business Planning | Kuliah | 2 |
|
SPK-553 | Pembuatan Produk Berbasis Minyak Atsiri | Manufacture of Essential Oils Product | Kuliah | 2 |
|
Mata Kuliah Wajib Peminatan: Semester 6 | |||||
Konsentrasi/Peminatan: Pengajaran Kimia (PK) | |||||
SPK-659 | Kimia SMA 3 | Chemistry for High School 3 | Kuliah | 2 |
|
SPK-660 | Pendidikan Inklusif | Inclusive Education | Kuliah | 2 |
|
SPK-661 | Kimia Koordinasi | Coordination Chemistry | Kuliah | 2 |
|
SPK-662 | Kimia Kinetika | Chemical Kinetics | Kuliah | 2 |
|
Konsentrasi/Peminatan: pengelolaan lembaga pendidikan (PL) | |||||
SPK-663 | Teknik Kalibrasi | Calibration Technique | Kuliah | 2 |
|
SPK-664 | Penelitian Kimia | Chemical Research | Penelitian | 2 |
|
Konsentrasi/Peminatan: Pengembangan bahan ajar (PB) | |||||
SPK-665 | Media Berbasis Video 2 | Video Based Media 2 | Kuliah | 2 |
|
SPK-666 | Media Berbasis Permainan | Game Based Media | Kuliah | 2 |
|
Konsentrasi/Peminatan: Pengembangan usaha/kewirausahaan (PU) | |||||
SPK-667 | Desain Instruksional | Instructional Design | Kuliah | 2 |
|
SPK-668 | Legalisasi Produk | Product Legalization | Kuliah | 2 |
|
Keterangan: mata kuliah pilihan merupakan mata kuliah wajib peminatan lintas minat |
CPL Prodi Pendidikan Kimia UII dirumuskan berdasarkan Permenristekdikti No. 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi, Permenristekdikti Nomor 55 Tahun 2017 tentang Standar Pendidikan Guru, CPL Himpunan Kimia Indonesia (HKI), dan Kurikulum Ulil Albab Universitas Islam Indonesia. CPL Prodi Pendidikan Kimia meliputi empat aspek yaitu sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan.
SIKAP: KEPRIBADIAN ISLAMI | Simbol CP |
Perilaku & Etika Islami | |
1. Mampu menunjukkan sikap ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa dengan menjalankan syariat-Nya dalam kehidupan sehari-hari serta menjunjung etika Islam universal | CP-S01 |
Bersikap Inklusif | |
2. Mampu menunjukkan pandangan hidup inklusif dan dapat bergaul di masyarakat global dengan tetap mempertahankan identitas keislaman dan keindonesiaan | CP-S02 |
Cinta Tanah Air | |
3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; | CP-S03 |
Kehidupan Bermasyarakat | |
4. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; | CP-S04 |
5. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; | CP-S05 |
6. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; | CP-S06 |
7.Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; | CP-S07 |
8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; | CP-S08 |
9. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; | CP-S09 |
10. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan | CP-S10 |
11. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; | CP-S11 |
12. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan ahlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya. | CP-S12 |
Total CP | 12 |
PENGETAHUAN: BERPENGETAHUAN INTEGRATIF | Simbol CP |
Berpikir Integratif | |
1. Menguasai prinsip dasar pengintegrasian nilai keislaman pada ilmu yang ditekuninya | CP-P01 |
Menguasai Konsep Kimia | |
2. Menguasai konsep teoretis tentang struktur, dinamika, dan energi bahan kimia, serta prinsip dasar pemisahan, analisis, sintesis dan karakterisasinya; | CP-P02 |
3. Menguasai konsep teoretis tentang teori pendidikan, perkembangan peserta didik, pengetahuan pedagogik kimia, metodologi pembelajaran, kurikulum, dan evaluasi pembelajaran; | CP-P03 |
4. Menguasai prinsip-prinsip keselamatan dan keamanan kerja, pengelolaan laboratorium dan penggunaan peralatannya serta cara mengoperasikan instrumen kimia; | CP-P04 |
5. Menguasai dasar-dasar metode ilmiah dan prinsip-prinsip penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran kimia. | CP-P05 |
Total CP | 5 |
KETERAMPILAN UMUM: BERKEPEMIMPINAN PROFETIK | Simbol CP |
Keteladanan | |
1. Mampu menjadi pemimpin dan teladan di masyarakat dan lingkungan kerjanya | CP-KU01 |
Kepekaan Sosial | |
2. Mampu merumuskan peran kontributif untuk memajukan masyarakat | CP-KU02 |
Bekerja Mandiri dan Kelompok | |
3. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; | CP-KU03 |
4. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; | CP-KU04 |
5. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni; | CP-KU05 |
6. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; | CP-KU06 |
7. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; | CP-KU07 |
8. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; | CP-KU08 |
9. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; | CP-KU09 |
10. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; | CP-KU10 |
11. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. | CP-KU11 |
Total CP | 11 |
KETERAMPILAN KHUSUS: BERKETERAMPILAN TRANSFORMATIF | Simbol CP |
Keterampilan Berorientasi Solusi | |
1. Mampu menerjemahkan semangat inovasi untuk memecahkan masalah di bidang kerjanya | CP-KK01 |
Berketerampilan difusif | |
2. Mampu menyebarluaskan gagasan dalam bidang ilmunya ke masyarakat | CP-KK02 |
Merencanakan Pembelajaran Kimia | |
3. Mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran kimia di sekolah secara terbimbing sesuai dengan karakteristik bahan kajian dan peserta didik melalui pendekatan saintifik dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran berbasis IPTEKS, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar isi, proses, dan penilaian; sehingga peserta didik memiliki keterampilan proses sains, berpikir kritis, kreatif dan menyelesaikan masalah. | CP-KK03 |
Mengevalusi pembelajaran kimia | |
4. Mampu mengevaluasi pembelajaran kimia di sekolah sesuai standar isi, proses dan penilaian | CP-KK04 |
5. Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan praktikum dalam rangka pelaksanaan pendekatan saintifik dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang tersedia serta memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan kerja (K3) | CP-KK05 |
6. Mampu mengidentifikasi permasalahan pembelajaran kimia, dan memilih alternatif solusi berdasarkan teori dan temuan penelitian yang ada serta mengimplementasikan dalam penelitian secara terbimbing | CP-KK06 |
Keterampilan Pembelajaran Berbasis Aplikasi | |
7. Mampu mengembangkan dan menerapkan metode pembelajaran berbasis aplikasi | CP-KK07 |
Total CP | 7 |
Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Islam Indonesia
Akreditasi Institusi Unggul
Universitas Islam Indonesia telah mendapatkan Akreditasi Institusi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2021