Kurikulum prodi disusun berdasarkan penggabungan model administrative dan grass root. Pada model administrative, kurikulum telah ditentukan oleh pemerintah, sementara model grass root kurikulum benar-benar dikembangkan oleh prodi. Program Studi Pendidikan Kimia menggabungkan dua model ini sebagai bentuk ketaatan pada legalitas yang berlaku. Namun, prodi tetap memiliki keleluasaan untuk menentukan capaian dan keunikan lulusan. Program Studi Pendidikan Kimia memiliki hak untuk mengembangkan kurikulum sesuai keunggulan yang dimiliki sesuai dengan landasan filosofis, yuridis dan sosiologis.
No | Kode | Matakuliah | SKS | SKP | Prasyarat |
1 | UNI – 607 | Bahasa Indonesia untuk Komunikasi Ilmiah | 2 | – | – |
2 | SPK – 101 | Biologi | 2 | – | – |
3 | SPK – 102 | Fisika | 2 | – | – |
4 | SPK – 103 | Kimia Dasar | 3 | – | – |
5 | SPK – 104 | Matematika | 3 | – | – |
6 | UNI – 600 | Pendidikan Agama Islam | 2 | – | – |
7 | UNI – 603 | Pendidikan Pancasila | 2 | – | – |
8 | SPK – 105 | Praktikum Fisika | 1 | – | – |
9 | SPK – 106 | Praktikum Kimia Dasar | 1 | – | – |
10 | SPK – 107 | Teknik Laboratorium | 2 | – | – |
11 | UNI – 610 | Pendalaman Nilai Dasar Islam | – | 20 | – |
12 | UNI – 611 | Pengembangan Diri Qurani | – | 20 | – |
13 | UNI– 612 | Pelatihan Pengembangan Diri | – | 5 | – |
14 | UNI – 613 | ONDI | 0 | – | – |
15 | UNI – 614 | BTAQ | 0 | – | – |
Jumlah | 20 | 45 |
No | Kode | Matakuliah | SKS | SKP | Prasyarat |
1 | UNI – 606 | Bahasa Inggris | 2 | – | – |
2 | SPK – 208 | Ilmu Pendidikan | 2 | – | – |
3 | UNI – 601 | Islam Ulil Albab | 3 | – | – |
4 | SPK – 209 | Kimia Analitik I | 2 | – | – |
5 | SPK – 210 | Kimia Anorganik I | 2 | – | – |
6 | SPK – 211 | Kimia Fisika | 3 | – | – |
7 | SPK – 212 | Kimia Organik I | 2 | – | – |
8 | UNI – 604 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | – | – |
9 | SPK – 213 | Praktikum Aplikasi Komputer untuk Kimia | 1 | – | – |
10 | SPK – 214 | Praktikum Kimia Fisika | 1 | – | – |
11 | UNI – 615 | Bahasa Asing untuk Komunikasi Global | – | 20 | – |
12 | UNI – 616 | Pelatihan Bahasa Arab | – | 20 | – |
13 | UNI – 617 | Pelatihan Kepemimpinan dan Dakwah | – | 5 | – |
14 | UNI – 618 | Praktik Kepemimpinan Kelembagaan Mahasiswa | – | 5 | – |
15 | UNI – 619 | LKID | 0 | – | – |
Jumlah | 20 | 50 |
No | Kode | Matakuliah | SKS | Prasyarat |
1 | UNI – 602 | Islam Rahmatan lil Alamin | 3 | – |
2 | SPK – 315 | Ikatan Kimia | 2 | Kimia Fisika |
3 | UNI – 605 | Kewirausahaan Syariah | 2 | – |
4 | SPK – 316 | Kimia Analitik II | 2 | Kima Analitik I |
5 | SPK – 317 | Kimia Anorganik II | 2 | Kimia Anorganik I |
6 | SPK – 318 | Kimia Organik II | 2 | Kimia Organik I |
7 | SPK – 319 | Manajemen Pendidikan | 2 | – |
8 | SPK – 320 | Perkembangan Peserta Didik | 2 | – |
9 | SPK – 321 | Praktikum Kimia Analitik | 1 | – |
10 | SPK – 322 | Praktikum Kimia Anorganik | 1 | – |
11 | SPK – 323 | Praktikum Kimia Organik | 1 | – |
Jumlah | 20 |
No | Kode | Matakuliah | SKS | Prasyarat |
1 | SPK – 424 | Bahasa Inggris untuk Pengajaran Kimia | 2 | – |
2 | SPK – 425 | Biokimia | 2 | – |
3 | SPK – 426 | Kapita Selekta | 2 | – |
4 | SPK – 427 | Kimia Instrumental | 3 | – |
5 | SPK – 428 | Kimia SMA I | 2 | – |
6 | SPK – 429 | Manajemen dan Jaminan Mutu Laboratorium Sekolah | 2 | – |
7 | SPK – 430 | Media Pembelajaran Kimia | 2 | – |
8 | SPK – 431 | Pengajaran Mikro Kimia SMA I | 2 | – |
9 | SPK – 432 | Praktikum Biokimia | 1 | – |
10 | SPK – 433 | Strategi Belajar Mengajar | 2 | – |
Jumlah | 20 |
No | Kode | Matakuliah | SKS | Prasyarat |
1 | SPK – 534 | Asesmen Pembelajaran Kimia | 3 | – |
2 | SPK – 535 | Kimia SMA II | 2 | – |
3 | SPK – 536 | Metodologi Penelitian | 2 | – |
4 | SPK – 537 | Penelitian Kimia | 2 | – |
5 | SPK – 538 | Pengajaran Mikro Kimia SMA II | 2 | – |
6 | SPK – 539 | Perencanaan dan Pengembangan Pembelajaran Kimia | 2 | – |
7 | SPK – 540 | Praktikum Kimia Instrumental | 1 | – |
8 | SPK – 541 | Profesi Kependidikan | 2 | – |
9 | SPK – 542 | Statistika Penelitian | 2 | – |
10 | SPK – 543 | Telaah Kurikulum Kimia Sekolah | 2 | – |
Jumlah | 20 |
No | Kode | Matakuliah | SKS | Prasyarat |
1 | SPK – 644 | Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) | 2 | – |
2 | SPK – 645 | Kimia Bahan Alam | 2 | – |
3 | SPK – 646 | Kimia Hijau | 2 | – |
4 | SPK – 647 | Kimia Kinetika | 2 | – |
5 | SPK – 648 | Kimia Lingkungan | 2 | – |
6 | SPK – 649 | Kimia Pemisahan dan Pemurnian | 2 | – |
7 | SPK – 650 | Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Animasi | 2 | – |
8 | SPK – 651 | Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) I | 2 | – |
9 | SPK – 652 | Proses Industri Kimia | 2 | – |
10 | UNI – 609 | Teknik Penulisan Karya Ilmiah | 2 | – |
Jumlah | 20 |
No | Kode | Matakuliah | SKS | SKP |
1 | SPK – 753 | Elektrokimia | 2 | – |
2 | SPK – 754 | Kimia dalam Al Qur’an | 2 | – |
3 | SPK – 755 | Kimia Koordinasi | 2 | – |
4 | SPK – 756 | Kimia SMK | 2 | – |
5 | SPK – 757 | Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) II | 2 | – |
6 | SPK – 758 | Proposal Skripsi | 2 | – |
7 | UNI – 608 | Kuliah Kerja Nyata | 2 | 10 |
8 | – | Matakuliah Pilihan | 2 | – |
9 | – | Matakuliah Pilihan | 2 | – |
10 | – | Matakuliah Pilihan | 2 | – |
Jumlah | 20 |
No | Kode | Matakuliah | SKS | Prasyarat |
1 | SPK – 877 | Skripsi | 4 | Proposal Skripsi |
Jumlah | 4 |
No | Kode | Matakuliah | SKS | Prasyarat |
1 | SPK – 759 | Aplikasi dan Teknologi Elektrokima | 2 | – |
2 | SPK – 760 | Kimia Aditif | 2 | – |
3 | SPK – 761 | Kimia Bahan Pangan | 2 | – |
4 | SPK – 762 | Kimia Hasil Kelautan | 2 | – |
5 | SPK – 763 | Kimia Kosmetik | 2 | – |
6 | SPK – 764 | Kimia Minyak Atsiri | 2 | – |
7 | SPK – 765 | Kimia Parfum | 2 | – |
8 | SPK – 766 | Kimia Polimer | 2 | – |
9 | SPK – 767 | Manajemen Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) | 2 | – |
10 | SPK – 768 | Pembuatan Buku Ajar Kimia | 2 | – |
11 | SPK – 769 | Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Video | 2 | – |
12 | SPK – 770 | Pembuatan Produk Berbasis Minyak Atsiri | 2 | – |
13 | SPK – 771 | Pengolahan Limbah Kimia | 2 | – |
14 | SPK – 772 | Pengujian Hasil Minyak Atsiri | 2 | – |
15 | SPK – 773 | Perancangan Industri Kimia Minyak Atsiri | 2 | – |
16 | SPK – 774 | Produk-produk Kimia untuk Wirausaha | 2 | – |
17 | SPK – 775 | Teknologi Air Minum dalam Kemasan | 2 | – |
18 | SPK – 776 | Teknologi Daur Ulang Limbah | 2 | – |
CPL Prodi Pendidikan Kimia UII dirumuskan berdasarkan Permenristekdikti No. 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi, Permenristekdikti Nomor 55 Tahun 2017 tentang Standar Pendidikan Guru, CPL Himpunan Kimia Indonesia (HKI), dan Kurikulum Ulil Albab Universitas Islam Indonesia. CPL Prodi Pendidikan Kimia meliputi empat aspek yaitu sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan.
SIKAP: KEPRIBADIAN ISLAMI | Simbol CP |
Perilaku & Etika Islami | |
1. Mampu menunjukkan sikap ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa dengan menjalankan syariat-Nya dalam kehidupan sehari-hari serta menjunjung etika Islam universal | CP-S01 |
Bersikap Inklusif | |
2. Mampu menunjukkan pandangan hidup inklusif dan dapat bergaul di masyarakat global dengan tetap mempertahankan identitas keislaman dan keindonesiaan | CP-S02 |
Cinta Tanah Air | |
3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; | CP-S03 |
Kehidupan Bermasyarakat | |
4. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; | CP-S04 |
5. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; | CP-S05 |
6. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; | CP-S06 |
7.Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; | CP-S07 |
8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; | CP-S08 |
9. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; | CP-S09 |
10. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan | CP-S10 |
11. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; | CP-S11 |
12. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan ahlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya. | CP-S12 |
Total CP | 12 |
PENGETAHUAN: BERPENGETAHUAN INTEGRATIF | Simbol CP |
Berpikir Integratif | |
1. Menguasai prinsip dasar pengintegrasian nilai keislaman pada ilmu yang ditekuninya | CP-P01 |
Menguasai Konsep Kimia | |
2. Menguasai konsep teoretis tentang struktur, dinamika, dan energi bahan kimia, serta prinsip dasar pemisahan, analisis, sintesis dan karakterisasinya; | CP-P02 |
3. Menguasai konsep teoretis tentang teori pendidikan, perkembangan peserta didik, pengetahuan pedagogik kimia, metodologi pembelajaran, kurikulum, dan evaluasi pembelajaran; | CP-P03 |
4. Menguasai prinsip-prinsip keselamatan dan keamanan kerja, pengelolaan laboratorium dan penggunaan peralatannya serta cara mengoperasikan instrumen kimia; | CP-P04 |
5. Menguasai dasar-dasar metode ilmiah dan prinsip-prinsip penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran kimia. | CP-P05 |
Total CP | 5 |
KETERAMPILAN UMUM: BERKEPEMIMPINAN PROFETIK | Simbol CP |
Keteladanan | |
1. Mampu menjadi pemimpin dan teladan di masyarakat dan lingkungan kerjanya | CP-KU01 |
Kepekaan Sosial | |
2. Mampu merumuskan peran kontributif untuk memajukan masyarakat | CP-KU02 |
Bekerja Mandiri dan Kelompok | |
3. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; | CP-KU03 |
4. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; | CP-KU04 |
5. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni; | CP-KU05 |
6. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; | CP-KU06 |
7. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; | CP-KU07 |
8. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; | CP-KU08 |
9. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; | CP-KU09 |
10. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; | CP-KU10 |
11. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. | CP-KU11 |
Total CP | 11 |
KETERAMPILAN KHUSUS: BERKETERAMPILAN TRANSFORMATIF | Simbol CP |
Keterampilan Berorientasi Solusi | |
1. Mampu menerjemahkan semangat inovasi untuk memecahkan masalah di bidang kerjanya | CP-KK01 |
Berketerampilan difusif | |
2. Mampu menyebarluaskan gagasan dalam bidang ilmunya ke masyarakat | CP-KK02 |
Merencanakan Pembelajaran Kimia | |
3. Mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran kimia di sekolah secara terbimbing sesuai dengan karakteristik bahan kajian dan peserta didik melalui pendekatan saintifik dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran berbasis IPTEKS, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar isi, proses, dan penilaian; sehingga peserta didik memiliki keterampilan proses sains, berpikir kritis, kreatif dan menyelesaikan masalah. | CP-KK03 |
Mengevalusi pembelajaran kimia | |
4. Mampu mengevaluasi pembelajaran kimia di sekolah sesuai standar isi, proses dan penilaian | CP-KK04 |
5. Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan praktikum dalam rangka pelaksanaan pendekatan saintifik dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang tersedia serta memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan kerja (K3) | CP-KK05 |
6. Mampu mengidentifikasi permasalahan pembelajaran kimia, dan memilih alternatif solusi berdasarkan teori dan temuan penelitian yang ada serta mengimplementasikan dalam penelitian secara terbimbing | CP-KK06 |
Keterampilan Pembelajaran Berbasis Aplikasi | |
7. Mampu mengembangkan dan menerapkan metode pembelajaran berbasis aplikasi | CP-KK07 |
Total CP | 7 |
Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Islam Indonesia
Akreditasi Institusi Unggul
Universitas Islam Indonesia telah mendapatkan Akreditasi Institusi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2021