Kurikulum prodi disusun berdasarkan penggabungan model administrative dan grass root. Pada model administrative, kurikulum telah ditentukan oleh pemerintah, sementara model grass root kurikulum benar-benar dikembangkan oleh prodi. Program Studi Pendidikan Kimia menggabungkan dua model ini sebagai bentuk ketaatan pada legalitas yang berlaku. Namun, prodi tetap memiliki keleluasaan untuk menentukan capaian dan keunikan lulusan. Program Studi Pendidikan Kimia memiliki hak untuk mengembangkan kurikulum sesuai keunggulan yang dimiliki sesuai dengan landasan filosofis, yuridis dan sosiologis.
Kode | Nama Mata Kuliah | Terjemahan Nama Mata Kuliah dalam Bahasa Inggris | Bentuk Pembelajaran | Bobot sks | Prasyarat |
Semester 1 | |||||
UNI-607 | Bahasa Indonesia untuk Komunikasi Ilmiah | Bahasa Indonesia | Kuliah | 2 | |
SPK-101 | Sains Dasar | Basic Sciences | Kuliah dan praktikum | 3 | |
SPK-102 | Matematika | Mathematics | Kuliah | 2 | |
UNI-600 | Pendidikan Agama Islam | Islamic Religion Education | Kuliah | 2 | |
UNI-603 | Pendidikan Pancasila | Pancasila Education | Kuliah | 2 | |
SPK-103 | Ilmu Pendidikan | Science Education | Kuliah | 2 | |
SPK-104 | Kimia Dasar | Basic Chemistry | Kuliah dan praktikum | 3 | |
SPK-105 | Praktikum Aplikasi komputer untuk Kimia | Computer Application for Chemistry Labwork | Praktikum | 2 | |
SPK-106 | Teknik Laboratorium | Laboratory Techniques | Kuliah | 2 | |
Jumlah sks semester 1 | 20 |
Semester 2 | |||||
UNI-601 | Islam Ulil Albab | Islam Ulil Albab | Kuliah | 3 |
|
UNI-604 | Pendidikan Kewarganegaraan | Civics Education | Kuliah | 2 |
|
SPK-207 | Kimia Anorganik | Inorganic Chemistry | Kuliah dan praktikum | 3 | Kimia Dasar minimal D |
SPK-208 | Kimia Analitik | Analytical Chemistry | Kuliah dan praktikum | 4 | Kimia Dasar minimal D |
SPK-209 | Manajemen Pendidikan | Education Management | Kuliah | 2 |
|
SPK-210 | Profesi Kependidikan | Education Profession | Kuliah | 2 |
|
SPK-211 | Psikologi Pendidikan | Educational Psychology | Kuliah | 2 |
|
UNI-606 | Bahasa Inggris | English | Kuliah | 2 |
|
Jumlah sks semester 2 | 20 |
|
Semester 3 | |||||
UNI-602 | Islam Rahmatan Lil Alamin | Islam Rahmatan Lil Alamin | Kuliah | 3 |
|
SPK-312 | Kimia Organik | Organic Chemistry | Kuliah dan praktikum | 3 | Kimia Dasar minimal D |
SPK-313 | Kimia Fisika | Physical Chemistry | Kuliah dan praktikum | 3 | Kimia Dasar minimal D |
SPK-314 | Media Pembelajaran | Instructional Media | Kuliah | 2 |
|
SPK-315 | Strategi Belajar Mengajar | Teaching and Learning Strategies | Kuliah | 2 |
|
SPK-3XX | Mata Kuliah Wajib Peminatan | Concentration Compulsory Course |
| 3 |
|
SPK-3XX | Mata Kuliah Wajib Peminatan | Concentration Compulsory Course |
| 2 |
|
SPK-3XX | Mata Kuliah Pilihan | Elective Course |
| 2 |
|
Jumlah sks semester 3 | 20 |
|
Semester 4 | |||||
SPK-426 | Kimia SMA 1 | Chemistry for High School 1 | Kuliah dan praktikum | 3 |
|
SPK-427 | Perkembangan Peserta Didik | Student Development | Kuliah | 2 |
|
SPK-428 | Telaah Kurikulum Kimia Sekolah | Review of Chemistry Curriculum for School | Kuliah | 3 |
|
UNI-605 | Kewirausahaan Syariah | Sharia Entrepreneurship | Kuliah | 2 |
|
SPK-429 | Asesmen Pembelajaran Kimia | Assessment for Chemistry Learning | Kuliah | 3 |
|
SPK-4XX | Mata Kuliah Wajib Peminatan | Concentration Compulsory Course |
| 3 |
|
SPK-4XX | Mata Kuliah Wajib Peminatan | Concentration Compulsory Course |
| 2 |
|
SPK-4XX | Mata Kuliah Pilihan | Elective Course |
| 2 |
|
Jumlah sks semester 4 | 20 |
|
Semester 5 | |||||
SPK-540 | Perencanaan dan Pengembangan Pembelajaran Kimia | Planning and Developing of Chemistry Learning | Kuliah dan praktikum | 3 |
|
SPK-541 | Kimia SMA 2 | Chemistry for High School 2 | Kuliah dan praktikum | 3 |
|
SPK-542 | Manajemen dan Jaminan Mutu Laboratorium Kimia | Management and Quality Assurance of Chemistry Laboratory | Kuliah | 2 |
|
UNI-609 | Teknik Penulisan Karya Ilmiah | Academic Writing | Kuliah | 2 |
|
SPK-543 | Metodologi Penelitian | Research Methodology | Kuliah | 2 |
|
SPK-5XX | Mata Kuliah Wajib Peminatan | Concentration compulsory course |
| 2 |
|
SPK-5XX | Mata Kuliah Wajib Peminatan | Concentration Compulsory Course |
| 2 |
|
SPK-5XX | Mata Kuliah Pilihan | Elective Course |
| 2 |
|
SPK-5XX | Mata Kuliah Pilihan | Elective Course |
| 2 |
|
Jumlah sks semester 5 | 20 |
|
Semester 6 | |||||
SPK-654 | Kimia dalam Al Qur’an | Chemistry in the Qur’an | Kuliah | 2 |
|
SPK-655 | Kimia Instrumental | Instrumental Chemistry | Kuliah | 2 |
|
SPK-656 | Kimia Hijau | Green Chemistry | Kuliah | 2 |
|
SPK-657 | Kimia Lingkungan | Environmental Chemistry | Kuliah | 2 |
|
SPK-658 | Statistika Penelitian | Statistics for Research | Kuliah | 2 |
|
UNI-608 | Kuliah Kerja Nyata | Community Development Participation | Praktik Lapangan | 2 | Minimal 100 SKS |
SPK-6XX | Mata Kuliah Wajib Peminatan | Concentration Compulsory Course |
| 2 |
|
SPK-6XX | Mata Kuliah Wajib Peminatan | Concentration Compulsory Course |
| 2 |
|
SPK-6XX | Mata Kuliah Pilihan | Elective Course |
| 2 |
|
SPK-6XX | Mata Kuliah Pilihan | Elective Course |
| 2 |
|
Jumlah sks semester 6 | 20 |
|
Semester 7 | |||||
SPK-769 | Pengenalan Lapangan Persekolahan | Field Introduction of School | Praktik lapangan | 4 | Minimal 80 SKS |
SPK-770 | Proposal Tugas Akhir | Final Project Proposal | Seminar | 2 | Minimal 80 SKS |
SPK-771 | Magang | Internship | Magang
| 14 | Minimal 100 SKS |
Jumlah sks semester 7 | 20 |
|
Semester 8 | |||||
SPK-872 | Tugas Akhir | Final project | Tugas akhir | 4 | Proposal TA, minimal 100 SKS |
Jumlah sks semester 8 | 4 |
|
Mata Kuliah Wajib Peminatan: Semester 3 | |||||
Konsentrasi/Peminatan: Pengajaran Kimia (PK) | |||||
SPK-316 | Bahasa Inggris untuk Pengajaran Kimia | English for Chemistry Learning | Kuliah dan praktikum | 3 |
|
SPK-317 | Kapita Selekta Pendidikan | Capita Selecta for Education | Kuliah | 2 |
|
SPK-318 | Proses Industri Kimia | Chemical Process Industry | Kuliah dan praktikum | 3 |
|
SPK-319 | Teknik pengujian laboratorium | Laboratory Testing Techniques | Kuliah | 2 |
|
Konsentrasi/Peminatan: pengelolaan lembaga pendidikan (PL) | |||||
SPK-320 | Kesehatan dan Keselamatan Kerja | Occupational Health and Safety | Kuliah | 2 |
|
SPK-321 | Manajemen Sistem Informasi | Management Information Systems | Kuliah dan praktikum | 3 |
|
Konsentrasi/Peminatan: Pengembangan bahan ajar (PB) | |||||
SPK-322 | Pembuatan Buku Ajar | Making Textbook | Kuliah | 2 |
|
SPK-323 | Prakarya Pendidikan | Educational Craft | Kuliah dan praktikum | 3 |
|
Konsentrasi/Peminatan: Pengembangan usaha/kewirausahaan (PU) | |||||
SPK-324 | Produk-Produk Kosmetik untuk Wirausaha | Cosmetic Products for Entrepreneurs | Kuliah dan praktikum | 3 |
|
SPK-325 | Digital Marketing | Digital Marketing | Kuliah | 2 |
|
Mata Kuliah Wajib Peminatan: Semester 4 | |||||
Konsentrasi/Peminatan: Pengajaran Kimia (PK) | |||||
SPK-430 | Praktikum Kimia Sekolah | Chemistry Practicum for High School | Praktikum | 2 |
|
SPK-431 | Kimia SMK | Chemistry for Vocational High School | Kuliah dan praktikum | 3 |
|
SPK-432 | Biokimia | Biochemistry | Kuliah dan praktikum | 3 |
|
SPK-433 | Teknik Sampling | Sampling Technique | Kuliah | 2 |
|
Konsentrasi/Peminatan: pengelolaan lembaga pendidikan (PL) | |||||
SPK-434 | Kimia Pemisahan dan Pemurnian | Separation and Purification Chemistry | Kuliah | 2 |
|
SPK-435 | Pengolahan Limbah Kimia | Chemical Waste Treatment | Kuliah dan praktikum | 3 |
|
Konsentrasi/Peminatan: Pengembangan bahan ajar (PB) | |||||
SPK-436 | Desain Grafis | Graphic Design | Kuliah | 2 |
|
SPK-437 | Media Berbasis Animasi 1 | Animation Based Media 1 | Kuliah | 3 |
|
Konsentrasi/Peminatan: Pengembangan usaha/kewirausahaan (PU) | |||||
SPK-438 | Bahan Pangan untuk Wirausaha | Food Material for Entrepreneurs | Kuliah dan praktikum | 3 |
|
SPK-439 | Teknologi Air Minum dalam Kemasan | Drinking Water Technology | Kuliah | 2 |
|
Mata Kuliah Wajib Peminatan: Semester 5 | |||||
Konsentrasi/Peminatan: Pengajaran Kimia (PK) | |||||
SPK-544 | Praktikum Asesmen Pembelajaran Kimia | Assessment for Chemistry Learning Labwork | Kuliah | 2 |
|
SPK-545 | Literasi Kimia | Chemistry Literacy | Kuliah | 2 |
|
SPK-546 | Elektrokimia | Electrochemistry | Kuliah | 2 |
|
SPK-547 | Operasi Teknik Kimia | Chemical Engineering Operations | Kuliah | 2 |
|
Konsentrasi/Peminatan: pengelolaan lembaga pendidikan (PL) | |||||
SPK-548 | Kurikulum Pendidikan Non Formal | Curriculum of Non Formal Education | Kuliah | 2 |
|
SPK-549 | Manajemen Pendidikan Non Formal | Education Management for Non Formal Education | Kuliah | 2 |
|
Konsentrasi/Peminatan: Pengembangan bahan ajar (PB) | |||||
SPK-550 | Media Berbasis Video 1 | Video Based Media 1 | Kuliah | 2 |
|
SPK-551 | Media Berbasis Animasi 2 | Animation Based Media 2 | Kuliah | 2 |
|
Konsentrasi/Peminatan: Pengembangan usaha/kewirausahaan (PU) | |||||
SPK-552 | Perancangan Usaha | Business Planning | Kuliah | 2 |
|
SPK-553 | Pembuatan Produk Berbasis Minyak Atsiri | Manufacture of Essential Oils Product | Kuliah | 2 |
|
Mata Kuliah Wajib Peminatan: Semester 6 | |||||
Konsentrasi/Peminatan: Pengajaran Kimia (PK) | |||||
SPK-659 | Kimia SMA 3 | Chemistry for High School 3 | Kuliah | 2 |
|
SPK-660 | Pendidikan Inklusif | Inclusive Education | Kuliah | 2 |
|
SPK-661 | Kimia Koordinasi | Coordination Chemistry | Kuliah | 2 |
|
SPK-662 | Kimia Kinetika | Chemical Kinetics | Kuliah | 2 |
|
Konsentrasi/Peminatan: pengelolaan lembaga pendidikan (PL) | |||||
SPK-663 | Teknik Kalibrasi | Calibration Technique | Kuliah | 2 |
|
SPK-664 | Penelitian Kimia | Chemical Research | Penelitian | 2 |
|
Konsentrasi/Peminatan: Pengembangan bahan ajar (PB) | |||||
SPK-665 | Media Berbasis Video 2 | Video Based Media 2 | Kuliah | 2 |
|
SPK-666 | Media Berbasis Permainan | Game Based Media | Kuliah | 2 |
|
Konsentrasi/Peminatan: Pengembangan usaha/kewirausahaan (PU) | |||||
SPK-667 | Desain Instruksional | Instructional Design | Kuliah | 2 |
|
SPK-668 | Legalisasi Produk | Product Legalization | Kuliah | 2 |
|
Keterangan: mata kuliah pilihan merupakan mata kuliah wajib peminatan lintas minat |
CPL Kurikulum 2024 ditetapkan berdasarkan hasil analisis terhadap kompetensi yang dibutuhkan pada masing-masing profil lulusan yang telah ditetapkan. Perumusan CPL mengacu pada landasan yuridis tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, Standar Pendidikan Guru, KKNI level 6, CPL referensi Divisi Pendidikan Kimia HKI, dan spesific subject criteria ASIIN. CPL yang dirumuskan telah memuat kemampuan yang diperlukan dalam era industri 4.0. CPL disusun dengan memuat komponen kemampuan (behavior/cognitive prosses), bahan kajian (subject matters) dan konteks.
Deskripsi Singkat |
Terjemahan Deskripsi Singkat |
Kode CPL |
Rumusan CPL |
Learning Outcomes (Terjemahan rumusan CPL dalam bahasa Inggris) |
Pedagogical & Applicative based learning ability |
Memiliki kompetensi pedagogik dan dapat menerapkan pembelajaran berbasis aplikatif |
CPL1 |
Mampu menguasai dan menerapkan konsep teoritis tentang teori pendidikan, perkembangan peserta didik, manajemen pendidikan, pengetahuan pedagogik kimia, kurikulum, media, teknologi informasi & komunikasi (TIK) serta evaluasi pembelajaran secara aplikatif |
Able to master and apply theoretical concepts about educational theory, learner development, educational management, chemical pedagogical knowledge, curriculum, media, information & communication technology (ICT) and learning evaluation applicatively |
Smart in basic & applied chemistry |
Menguasai konsep kimia dasar dan terapan |
CPL 2 |
Mampu menguasai konsep inti ilmu kimia, meliputi kimia anorganik, kimia organik, kimia fisika, kimia analitik, biokimia dan kimia terapan yang senantiasa diperbarui sebagai konsep belajar sepanjang hayat |
Able to master the core concepts of chemistry, including inorganic chemistry, organic chemistry, physical chemistry, analytical chemistry, biochemistry and applied chemistry and always updated as a lifelong learning concept |
Sciences & Mathematics |
Menggunakan konsep sains dan matematika sesuai lingkup profesinya |
CPL 3 |
Mampu menggunakan konsep matematika dan sains dasar dalam menyelesaikan masalah sesuai dengan lingkup profesinya |
Able to use basic math and science concepts in solving problems in accordance with the scope of their profession. |
Islamic & professional |
Menunjukkan sikap religius & profesional dalam menjalankan profesinya |
CPL 4 |
Mampu menunjukkan sikap religius, kepemimpinan profetik, keterampilan berkomunikasi, tanggung jawab sosial, etika profesi, kemandirian, kolaborasi, semangat inovasi, adaptif terhadap situasi perubahan yang dihadapi, dan siap memasuki dunia kerja melalui relevansi praktis yang memadai |
Able to demonstrate religious attitudes, prophetic leadership, communication skills, social responsibility, professional ethics, independence, collaboration, spirit of innovation, adaptive to the changing situations faced, and ready to enter the world of work through adequate practical relevance |
Organized management |
Pengelolaan lembaga pendidikan yang terorganisir |
CPL 5 |
Mampu menguasai dan menerapkan keterampilan dalam mengelola lembaga pendidikan formal dan non-formal yang terorganisir |
Able to master and apply skills in managing organized formal and non-formal education institutions |
Nimble & skilled in Chemistry Lab work |
Cekatan dan terampil dalam melakukan aktivitas di Laboratorium Kimia |
CPL 6 |
Mampu merencanakan, melaksanakan, mengelola dan mengevaluasi kegiatan di laboratorium kimia dengan menerapkan prinsip keselamatan dan kesehatan kerja (K3) serta memperhatikan isu lingkungan dalam melakukan aktivitas di Laboratorium |
Able to plan, implement, manage and evaluate activities in chemistry laboratories by applying the principles of occupational safety and health (OSH) and paying attention to environmental issues in carrying out activities in the laboratory |
Adaptive & innovative in learning media development |
Mengembangkan bahan ajar kimia secara adaptif dan inovatif |
CPL 7 |
Mampu mengembangkan bahan ajar kimia secara adaptif dan inovatif |
Able to develop chemistry teaching materials adaptively and innovatively |
Tenacity & creative entrepreneurship |
Gigih dan kreatif dalam berwirausaha |
CPL 8 |
Mampu merancang dan menjalankan usaha di bidang pendidikan dan kimia dengan menerapkan konsep kewirausahaan syariah |
Able to design and run businesses in the field of education and chemistry by applying the concept of sharia entrepreneurship |
Ethics in research |
Mengedepankan etika dalam menerapkan konsep metodologi penelitian |
CPL 9 |
Mampu menguasai dan menerapkan konsep metodologi penelitian dalam bidang kimia dan pendidikan kimia yang menjunjung etika penelitian |
Able to master and apply the concept of research methodology in the field of chemistry and chemical education that upholds research ethics |
Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Islam Indonesia
Akreditasi Institusi Unggul
Universitas Islam Indonesia telah mendapatkan Akreditasi Institusi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2021