Paper Based Test (PBT) Pendidikan Kimia UII

posted in: Uncategorized | 0

pmb uii 4PBT adalah pola seleksi melalui Ujian Potensi Calon Mahasiswa (UPCM) yang diselenggarakan secara tertulis. Semua program studi melakukan seleksi pola seleksi calon mahasiswa menggunakan pola seleksi PBT. Khusus program studi Pendidikan Dokter, seleksi calon mahasiswa dilakukan dalam dua tahap yaitu PBT dan seleksi Tahap Kedua. Pola seleksi PBT ini terdiri dari dua macam, yaitu PBT Seleksi Reguler dan Cepat.
PBT SELEKSI REGULER

Seleksi ini merupakan pola seleksi berbasis ujian tulis yang dibagi ke dalam dua kategori, yaitu PBT Potensi dan Mandiri.

PBT POTENSI

Pola seleksi ini berbasis ujian tulis dimana komponen nilai akan menentukan kelulusan tes dan besarnya Sumbangan Catur Dharma. Dengan pola ini, semakin tinggi nilai UPCM semakin rendah nilai sumbangan yang diwajibkan.

PBT MANDIRI

Pola seleksi berbasis ujian tulis di mana komponen nilai akan menentukan kelulusan tes, sedangkan besarnya Sumbangan Catur Dharma ditentukan secara mandiri oleh orang tua calon mahasiswa. Batas minimal Sumbangan Catur Dharma ditentukan oleh Program Studi yang dipilih oleh calon mahasiswa. Program studi yang menggunakan pola seleksi ini adalah program studi Akuntansi, Ilmu Hukum, Arsitektur, Farmasi, dan Pendidikan Dokter.

PBT SELEKSI CEPAT

Seleksi ini merupakan pola seleksi PBT yang diselenggarakan dalam 2 hari saja, yaitu 1 hari pendaftaran dan esoknya langsung ujian. Pendaftaran dibuka satu hari saja, yaitu pada hari Sabtu dan tes tertulis dilaksanakan pada hari Ahad keesokan harinya. Dalam PBT ini, komponen nilai akan menentukan besarnya sumbangan Catur Dharma.

PROSEDUR DAN SYARAT PENDAFTARAN PBT

  1. Pendaftar harus datang sendiri di Sekretariat PPMB di Gedung Rektorat UII untuk melakukan pendaftaran.
  2. Membayar di Bank yang tersedia di Gedung GBHH Prabuningrat (Kantor Rektorat UII) Lantai 1 Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia, Jalan Kaliurang, Km. 14,5 Sleman Yogyakarta.
  3. Menyerahkan syarat-syarat pendaftaran kepada petugas berupa :
  4. Surat Tanda Lulus Sekolah Menengah Umum (SMU) / Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) / Madrasah Aliyah (MA) atau menyerahkan fotocopi rapor semester 4 atau 5 bagi siswa kelas XII untuk Tahun Ajaran 2012/2013,
  5. Fotokopi surat tanda pengenal diri, yaitu : Kartu siswa atau Kartu Tanda Penduduk atau Surat Ijin Mengemudi atau Surat Keterangan Pelajar dari Kepala Sekolah,
  6. Slip Pembayaran PBT,
  7. Khusus pendaftar di Program Studi Pendidikan Dokter harus melampirkan fotokopi Akte Kelahiran (disyaratkan maksimal berusia 21 tahun) dan fotokopi Rapor SMU Jurusan IPA Semester 2,3 dan 4 atau 3,4 dan 5.
  8. Melakukan pengisian data (key-in) Pendaftaran PBT dan pengambilan foto Calon Mahasiswa oleh petugas.
  9. Menerima Kartu Peserta UPCM
  10. Hasil UPCM akan disampaikan melalui surat dan ditayangkan di website pmb.uii.ac.id
  11. Khusus pendaftar yang memilih Seleksi PBT Mandiri diharuskan mengisi surat pernyataan yang berisi kesanggupan pembayaran Sumbangan Dana Catur Dharma dan kesediaan tidak akan menarik kembali semua dana yang sudah dibayarkan. Surat pernyataan ini ditandatangani oleh orang tua atau wali di atas materai Rp. 6000.

Prosedur PBT tersebut dapat digambarkan sebagai berikut:

Membayar Biaya PBT –> Menyerahkan Syarat Pendaftaran –> Mengisi Data (key in) dan Foto –> Menerima Kartu UPCM –> Mengikuti Ujian Tulis –> Menerima Hasil UPCM ,
Khusus Pendaftar Kedokteran –> Seleksi Tahap Kedua

JADWAL PBT

Semua Ujian PBT diselenggarakan di Kampus UII mulai jam 09.00 sampai selesai. Pendaftaran PBT Seleksi Cepat dilayani pada hari Sabtu dari jam 08.00 hingga 15.00, sedangkan Pendaftaran PBT Reguler dilayani pada hari Senin-Jum’at jam 08.00-14.00 (pada hari Jum’at istirahat jam 11.30-13.00). Pada hari Sabtu, Ahad dan hari libur nasional tidak ada pendaftaran. Secara rinci penyelenggaraan PBT dilaksanakan sebagaimana pada tabel berikut :

Jadwal Paper Based Test

Periode Daftar Ujian Hasil Non FK Seleksi Tahap II Hasil FK Verifikasi Dokumen
PBT 1 17 Januari 18 januari 21 Januari 22-23 Jan 27 Januari 16-28 Maret
PBT 2 14 Februari 15 Februari 18 Februari 19-20 Feb 24 Februari
PBT 3 10-20 Mar 22 Maret 25 Maret 26-27 Mar 31 Mar 1-13 Juni
PBT 4 25 April 26 April 29 April 30 Apr-1 Mei 5 Mei
PBT 5 18-22 Mei 24 Mei 27 Mei 28-29 Mei 2 Jun 1-11 Juli
PBT 6 8-12 Juni 14 Juni 17 Juni 18-19 Juni 23 Juni

Leave a Reply