Prodi Pendidikan Kimia Menerima Kunjungan dari National Chiao Tung University (NCTU) Taiwan

posted in: Uncategorized | 0

Kunjungan dari TaiwanJum’at (9/1) Prodi Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia FMIPA Universitas Islam Indonesia mendapatkan kunjungan dari Department of Materials Science and Engineering, National Chiao Tung University (NCTU) Taiwan. Terdapat tiga (3) orang perwakilan dari NCTU Taiwan berkunjung ke UII, mereka adalah Prof. Hong-Ceu Lin (kedua dari kanan), Dr. Nien-Ti Tsou, dan Cut Rullyani, mahasiswa PhD di NCTU yang berasal dari Indonesia.

Tujuan NCTU Taiwan datang mengunjungi Prodi Pendidikan Kimia dan Prodi Ilmu Kimia adalah untuk menjalin kerja sama akademik, yaitu merekrut mahasiswa untuk studi lanjut S2 maupun S3. Prof. Hong-Ceu Lin menyampaikan bahwa mereka akan memprioritaskan mahasiswa dari Pendidikan Kimia ataupun Ilmu Kimia untuk diterima sebagai mahasiswa Master degree atau PhD degree dengan full scholarship. Di tahun 2014 hanya terdapat tiga (3) kandidat PhD dan satu (1) kandidat Master yang berasal dari Indoensia, tambahnya.

Prof. Hong-Cheu Lin kembali menjelaskan bahwa Department of Materials Science and Engineering NTCU Taiwan telah menempati peringkat 50 di dunia dalam hal riset di bidang material. Riset-riset yang dilakukan di sana meliputi, polimer, thin film untuk aplikasi ke dalam renewable energy, elektrokimia, nano material, dan lain sebagainya. Dia berharap nantinya banyak mahasiswa dari Prodi Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia yang mendaftar dan bergabung di NTCU Taiwan.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Hong-Cheu Lin juga mengumpulkan curriculum vitae (CV) dari 4 mahasiswa Prodi Ilmu Kimia yang berkeinginan untuk studi lanjut. Curriculum Vitae yang telah dikumpulkan, akan dipertimbangkan untuk menjadi kandidikat Master dengan bantuan tuitiion and fee waiver (bebas biaya akademik) dan uang living cost. Hal ini dapat memudahkan mahasiswa dari Prodi Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia untuk studi lanjut di Taiwan.

Leave a Reply